Tata Letak dan Luas Benua di Dunia

Tata letak dan luas benua di Dunia, Pada mulanya, di permukaan bumi  hanya  ada  satu  benua yang disebut  Pangea.  Benua tersebut kemudian pecah dan bergerak saling menjauh atau saling mendekat satu dengan yang lainnya. Dalam kurun waktu jutaan tahun barulah terbentuk benua yang kita kenal saat ini.

 

Apa yang kalian pahami tentang  benua?

Kalian mungkin sering mendengar istilah benua. Berapa  benua  yang ada   di   bumi?   Benua   merupakan massa   daratan   yang   memiliki   ciri atau karakteristik tertentu. Bagi ahli geografi, benua  tidak  hanya  sekadar istilah fisik tetapi juga menyangkut aspek budaya. Karena itulah Asia dan Europa dianggap sebagai dua benua yang berbeda walaupun masih dalam satu masa daratan yang menyatu. Pemisahnya adalah budaya yang berbeda antara Eropa dan Asia.

Catatan penting tentang Benua Asia. Puncak tertinggi: Gunung Everest (8.848 m) Bagian terendah: Laut Mati (394 m di bawah permukaan air laut. Sungai terpanjang: Sungai Yangtse (5.800 km). Danau Terbesar: Danau Aral (66.457 km2).

Berapakah jumlah benua yang ada di dunia?

Tata letak dan luas benua di Dunia, sejumlah ahli geografi berbeda pendapat tentang hal itu. Sebagian ahli geografi menyebutkan ada tujuh benua di dunia, sedangkan sebagian lainnya menyatakan ada enam dan lima benua. Mereka yang menyebut ada tujuh benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia,  dan Antartika.

Mereka yang menyebut enam benua membaginya atas Benua Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika, Afrika, Australia, dan Antartika. Ada pula yang membagi menjadi lima benua tetapi tidak mengikut sertakan Antartika, sehingga benua di dunia terdiri atas Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia.

Benua Eropa mempunyai negara paling kecil di dunia yaitu Vatikan. Vatikan merupakan suatu negara  berdaulat dengan Sri  Paus sebagai  pemimpinnya. Luas Vatikan hanya sebesar 0,44 km2  yang membuatnya menjadi negara terkecil di dunia.

Kali ini akan menggunakan pembagian benua menjadi lima yaitu Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. Benua-benua tersebut memiliki kondisi alam yang berbeda, demikian halnya dengan kondisi budayanya. Karena itu, sejak dulu telah terjadi interaksi antar benua. Di mana sajakah letak benua-benua tersebut? Bagaimanakah perbandingan luas masing-masing benua?

Wikipedia Benua di dunia

  1. Benua Asia
  2. Benua Amerika
  3. Benua Eropa
  4. Benua Afrika
  5. Benua Australia

Tambahan : Benua Antartika

Baca juga 1. Mengenal Kondisi Alam di Jepang

Sumber pembejaran :

  • Internet
  • Buku Sekolah Elektronik
  • bse.kemdikbud.go.id