Rangkuman Keunggulan Lokasi Indonesia

Rangkuman keunggulan lokasi Indonesia, Secara astronomis Indonesia terletak di garis katulistiwa 6°LU – 11° LS dan antara 95° BT – 141° BT. Secara geografis Indonesia terletak di antara dua Samudera Pasifik dan Hindia dan dua benua yaitu Benua Asia dan Australia. Keunggulan lokasi Indonesia berpengaruh pada iklim, geostrategis, dan kondisi tanah. Kegiatan hal tersebut memberikan keuntungan yang sangat besar bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia sampai saat ini.

Akibat dari letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa

Maka Indonesia memiliki iklim tropis. Rangkuman keunggulan lokasi Indonesia mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan penghujan. Pergantian musim di Indonesia dipengaruhi oleh adanya angin muson barat dan timur. Kondisi iklim muson tropis sangat berpengaruh pada kondisi tanah wilayah Indonesia. Kondisi tanah di Indonesia secara langsung berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia. Kegiatan pertanian dan perkebunan berkembang pesat di berbagai daerah.

Selain berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, keunggulan lokasi Indonesia juga berpengaruh terhadap kegiatan transportasi dan komunikasi. Adanya kekhasan kekayaan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia menyebabkan terjadinya hubungan saling membutuhkan dan ketergantungan. Hal ini berdampak pada kegiatan ekonomi yang semakin bervariasi. Distribusi barang dan jasa terjadi antarpulau.

Kegiatan ekonomi tersebut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kegiatan transportasi dan komunikasi. Transportasi darat, air, dan udara berkembang pesat di Indonesia untuk mendukung mobilitas manusia dan distribusi barang antar pulau. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin mendukung terjadinya kegiatan ekonomi masyarakat. Namun demikian, bangsa Indonesia harus selalu waspada, karena kemajuan transportasi, teknologi informasi dan komunikasi juga membawa dampak buruk terutama pengaruh asing yang negatif.

Keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia membawa pengaruh kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia pada masa lalu. Salah satu dampak kedatangan bangsa-bangsa Barat adalah terjadinya penjajahan di Indonesia. Sejak zaman dahulu kekayaan alam Indonesia telah lama tersohor hingga ke berbagai belahan dunia. Kondisi ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa barat. Indonesia dikenal sebagai produsen rempah-rempah yang sangat dibutuhkan di negara-negara barat. Penjajahan bangsa-bangsa Barat di Indonesia mendapat perlawanan besar dari rakyat Indonesia di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.