Perbedaan Suku Bangsa di Indonesia

Perbedaan Suku Bangsa di Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi. Sebagian besar suku Jawa tinggal di Pulau Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Banyak dari anggota suku ini telah bertransmigrasi dan tersebar ke berbagai pulau di Nusantara bahkan bermigrasi ke luar negeri. Suku Sunda, suku Melayu, dan suku Madura secara berurutan adalah kelompok terbesar berikutnya di negara ini.

Baca juga 2. Perbedaan Budaya Masyarakat Indonesia

Mengapa terjadi perbedaan suku bangsa di Indonesia? Apakah manusia dapat memilih terlahir sebagai suku Batak, Dayak, atau Jawa? Tentu saja tidak. Manusia terlahir karena kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Setiap suku bangsa memiliki derajat yang sama.

Secara ilmiah, perbedaan suku bangsa di Indonesia tidak terlepas dari faktor sejarah nenek moyang bangsa Indonesia. Kalian dapat membuka kembali pelajaran Kelas VII, yang membahas tentang asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Wikipedia Suku bangsa di Indonesia

 

Bagaimana interaksi antara berbagai suku bangsa di Indonesia?

Sejak ribuan tahun yang lalu, berbagai suku bangsa di Indonesia hidup berdampingan secara harmonis. Berbagai suku bangsa di Indonesia saling memahami dan menghargai berbagai perbedaan yang ada. Pada masa sekarang, kalian dapat menemukan berbagai suku bangsa di berbagai daerah di Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa suku bangsa Indonesia sangat terbuka menerima kedatangan berbagai suku bangsa yang berbeda. Mereka hidup berdampingan dan bekerja sama untuk membangun bangsa dan negara.

Bahkan, banyak masyarakat yang melakukan perkawinan campur. Mungkin saja beberapa temanmu atau bahkan dirimu sendiri lahir dari bapak dan ibu yang berbeda suku bangsa.

Baca juga Perbedaan Pekerjaan di Indonesia

Aktivitas Individu

Ingatlah kembali pelajaran Kelas VII tentang asal-susul nenek moyang bangsa Indonesia, kemudian  jawabalah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini.

  1. Suku bangsa mana yang dianggap telah ada sebelum kedatangan bangsa Vedda?
  2. Bagaimana proses kedatangan bangsa Vedda ke Indonesia?, bangsa Proto-Melayu ke Indonesia?, bangsa Deutro-Melayu ke Indonesia?
  3. Suku bangsa mana yang merupakan keturunan Vedda, Proto Melayu, dan Deutro Melayu?