Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia

Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia, seperti yang kita ketahui kegiatan yang yang dilakukan manusia setiap haridalam rangka memenuhi kebutuhan.Untuk memenuhi kebutuhan manusiayang selalu bertambah dan menuntut kualitas yang lebih bagus, maka sebagai

produsen perlu ada inovasi dalam produksinya.Kebutuhan manusia yangsangat bervariasi tentu saja harus diikuti dengan kemampuan pengusahauntuk membuat hasil produksi yang lebih bagus dan lebih kreatif. Kemampuan manusia untuk menghasilkan sesuatu yang lain dari pengusaha lain tentu perlu kemampuan untuk mengembangkan yang sudah ada atau membuat sesuatu yang baru agar barang produksinya laku di pasar.

Kreativitas

Gambar 3.27.seorang membuat mainan anak-anak dari barang bekas.
Gambar 3.27.seorang membuat mainan anak-anak dari barang bekas.

Perhatikan gambar 3.27! Kegiatan yang dilakukan pada gambar yaitu membuat suatu produk yang berasal dari barang bekas.Barang bekas bisadijadikan sesuatu karya yang indah dan memiliki nilai jual.Seseorang mampu membuat sesuatu yang indah dengan nilai jual tinggi adalah hasil kreativitas orang tersebut. Kreativitas merupakan salah satu ciri dari jiwa wirausaha.

Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia, kemampuan untuk melakukan kreativitas ini tergantung kemauan manusia untuk mengembangkannya. Kreativitas sudah kita miliki dari sejak kecil. Kita perhatikan kembali masamasa kecil jika anak menginginkan sesuatu maka anak itu akan melakukan sesuatu yang membuat orang tuanya mengerti bahwa anak ingin sesuatu. Sikap ini sebenarnya kreativitas anak itu agar orang tua perhatian terhadap keinginannya.Apa yang dimaksud dengan kreativitas ? Sebelum memahami

apa itu kreatif, coba perhatikan contoh di bawah ini .“Sekarang banyak produk yang dibuat berdasarkan apa yang menjadi trend dari tayangan film di TV. Contoh lihat tayangan film anak-anak “Unyil”, maka banyak sekali produk yang dihasilkan dari tokoh film itu. Seperti boneka, baju kaos, tas,buku, dan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa produsen melakukan berbagai gagasan kreatif memenuhi kebutuhan masyarakat terutama anak-anak kecil. Ide-ide pembuatan produk ini tentu merupakan kreativitas pengusaha untuk menawarkan hasil produksinya. Hasil produksi itu laku di pasar bahkan orang tuanya juga menyukainya.”

Banyak kisah lain yang menceritakan kehidupan seseorang yang kreatif. Kisah seseorang yang mampu membuat sepeda motor kecil yang mesinnya dari mesin pemotong rumput ini juga merupakan gagasan kreatif seseorang. Seorang dapat membuat berbagai mainan anak-anak dari kertas bekas yang sudah dibuang di tempat sampah seperti, lampion, ular-ularan dan mainan anak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.