Peran Iptek dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi

Peran Iptek dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi, ilmu pengetahuan dan tehnologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. IPTEK sebagai sarana manusia mencapai kesejahteraan. Dengan IPTEK manusia mampu membantu pemenuhan kebutuhan manusia.Sebagai contoh saat kalian membutuhkan makanan dengan bantuan HP kalian bisa pesan makanan yang diantar langsung ke rumah tempat tinggal kita.

IPTEK adalah hasil dari kebudayaan manusia yang memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitasnya.IPTEK dapat kita rasakan saat ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia.Perkembangan IPTEK memiliki dampak positif dalam kegiatan ekonomi. Kalian masih ingat kegiatan ekonomi itu terdiri atas kegiatan apa saja ?Kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Peran perkembangan IPTEK bagi kegiatan ekonomi antara lain sebagai berikut.

Produksi

IPTEK dapat menunjang kegiatan produksi terutama kebutuhan akan mesin-mesin produksi, bahan baku untuk produksi, dan bahan penolong untuk produksi.

Distribusi

IPTEK dapat memberikan kemudahan distribusi barang, dapat memperlancar distribusi barang, dan mempercepat barang sampai ke tangan konsumen.

Konsumsi

IPTEK dapat memberikan kemudahan konsumen dalam pemenuhan kebutuhan.Konsumen dengan cepat dan mudah memperoleh barang yang dibutuhkan.

Renungkan

Perkembangnya IPTEK sangat mempengaruhi perilaku masyarakat. Masyarakat mampu memilih dan memilah teknologi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhannya. Masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam dengan tidak merusak lingkungan demi kepentingan pribadi. Tanggungjawab sebagai umat manusia untuk menjaga dan memanfaatkan sumberdaya alam secara bijak dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik demi kelestarian sumber daya alam. Bagaimana dengan kalian? Bukankah kalian bagian dari masyarakat?

Aktivitas Kelompok

Diskusikan : “ Bagaimana sikap kalian terhadap modernisasi yang terjadi saat ini dan upaya yang kalian lakukan agar kalian bisa mengendalikan modernisasi tersebut ? “

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.