Setelah menempuh pendidikan di sekolah selama 3 tahun, hari ini 2 Mei akan menerima pengumuman kelulusan. Buat peserta didik di SMK atau SMA hari ini menjadi akhir perjalanan disekolah dan awal mulai perjalan baru buat yang melanjutkan sekolah maupun yang mau bekerja.

Pengumuman kelulusan siswa SMK/SMA berdasarkan Peraturan Sekjen Kemdikbud No 5 Tahun 2020. Yang mengharuskan pengumuman kelulusan di sekolah menggunakan media online.

Hal ini dilakukan untuk menjaga social distancing dan physical distancing dalam upaya mencegah penyebaran virus corona dan berlakunya peraturan pemerintah mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar).

Kelulusan Tahun ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang biasanya diawali dengan Ujian Nasional (UN). Namun untuk Tahun Ajaran 2019-2020 tidak dilaksanakan, sebenarnya sekolah-sekolah sudah mempersiapkan Pelaksanaan UN.

UN SMK yang dilaksanakan pada tanggal 16 Maret s.d 19 Maret 2020 namun menjelang hari H pelaksanaan UN serentak di Indonesia harus dibatalkan.

Baca juga Jadwal Ujian Nasional terakhir di tahun 2020

Seiringan dengan perkembangan situasi dan kondisi khususnya Jabodetabek dan umumnya di Indonesia. Pada saat itu sudah mulai ada penularan virus corona yang dianggap membahayakan untuk peserta didik.

Untuk mencegah ini terpaksa mendikbud mengumumkan Ujian Nasional ditiadakan dan semua aktivitas disekolah mulai dari tingkat paling bawah TK s.d SMA/SMK bahkan Perguruan Tinggi diliburkan sampai sekarang masih diberlakukan ketentuan di sekolah tidak ada aktivitas. Semua Aktivitas Proses belajar mengajar dilakukan dengan metode daring (online).

Khusus dilingkungan sekolah GDS Group pengumuman Kelulusan menggunakan media online yang dirancang dan dikembangkan sendiri oleh GTech. Dengan aplikasi disekolah.id yang bisa diakses menggunakan web bwoser maupun Aplikasi adroid. Ada fitur khusus untuk pengumuman kelulusan siswa-siswi SMK yang bisa diliat di menu E-Rapot.