Pengertian Pelaku Ekonomi

Pengertian Pelaku Ekonomi, dalam kehidupan sehari-hari, kalian tentu tidak asing lagi melihat orang yang membajak sawah dan menanam padi. Padi yang telah diolah menjadi beras dijual kepada agen. Dari agen inilah para ibu rumah tangga atau konsumen yang lain bisa mendapatkan beras untuk memenuhi kebutuhan pangan. Petani yang menanam padi, agen, dan ibu rumah tangga dapat dikatakan sebagai pelaku ekonomi. Jadi, apa yang dimaksud pelaku ekonomi? Untuk mengetahui siapa sajakah  pelaku ekonomi, amati Gambar 3.1 berikut.

Gambar 3.1 Pelaku ekonomi.

Baca juga A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian

Kegiatan apa yang dilakukan oleh pelaku ekonomi pada Gambar 3.1? Dari keempat gambar tersebut,  apakah kalian pernah melakukan dari salah satu kegiatan tersebut? Tentu jawabnya iya.  Setelah kalian mencermati gambar pelaku ekonomi, untuk lebih memahami tentang pelaku ekonomi, kerjakan aktivitas kelompok di bawah ini…

Aktivitas Kelompok
  1. Bentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang.
  2. Amati Gambar 1, 2, 3, 4 pada gambar 3.1 dan diskusikan dengan teman satu kelompok siapa saja pelaku ekonomi dalam setiap gambar itu, apa yang mereka lakukan, dan apa tujuan mereka melakukan kegiatan tersebut?
  3. Tuliskan hasil diskusimu pada lembar kerja yang telah disediakan

Contoh Gambar 1

  • Siapa pelakunya ? Produsen pupuk
  • Apa pekerjaannya ? Mengemasi pupuk yang hendak dijual
  • Apa Tujuan Mereka Melakukan Aktivitas? Menjual pupuk kepada konsumen

Lanjutkan isi ! Gambar 2

  • Siapa pelakunya ? ……….
  • Apa pekerjaannya ? ………
  • Apa Tujuan Mereka Melakukan Aktivitas? ……

Gambar 3

  • Siapa pelakunya ? ……….
  • Apa pekerjaannya ? ………
  • Apa Tujuan Mereka Melakukan Aktivitas? ……

Gambar 4

  • Siapa pelakunya ? ……….
  • Apa pekerjaannya ? ………
  • Apa Tujuan Mereka Melakukan Aktivitas? ……

Setelah kalian mengerjakan aktivitas kelompok, apakah kalian sudah memiliki gambaran tentang pengertian pelaku ekonomi dan siapa saja pelaku ekonomi itu? Pelaku ekonomi adalah orang/lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi. Ada 4 (empat) pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga keluarga/konsumen, rumah tangga perusahaan/produsen, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri.

Keempat pelaku tersebut berperan penting dalam menggerakkan perekonomian negara sesuai dengan peran masing-masing. Kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhikebutuhan hidup diri sendiri ataupun keluarga dinamakan rumah tangga konsumen (RTK).

Pihak yang melakukan kegiatan produksi

Yaitu kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kepentingan orang lain dinamakan rumah tangga produsen (RTP). Selain pihak yang menghasilkan dan mengonsumsi barang dan jasa, ada pihak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan, serta mengadakan kontrol terhadap jalannya roda perekonomian, yang disebut rumah tangga pemerintah.

Hasil produksi sebagian disalurkan ke pembeli dalam negeri, sebagian lagi dijual ke masyarakat luar negeri. Hal ini menimbulkan arus barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri, yang disebut ekspor. Selain kegiatan menjual barang dan jasa ke luar negeri, ada pula kegiatan membeli barang dan jasa dari negara-negara lain.

Arus barang dan jasa yang masuk dari luar negeri ke dalam negeri disebut impor. Orang/lembaga yang melakukan kegiatan ekspor dan impor disebut  rumah tangga luar negeri. Jadi, pelaku ekonomi terdiri atas rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri.

Baca juga 3. Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian

Setelah kalian memahami pelaku ekonomi, kalian dapat memahami peran dari masing-masing pelaku ekonomi. Untuk dapat memahami peran masing-masing pelaku ekonomi, ikuti secara seksama uraian materi berikut.