Depok–Pada era teknologi informasi yang serba cepat ini, SMK Broadcast Ghama Caraka menggandeng Media Depok Pembaharuan (Debar) untuk menggelar Pelatihan Jurnalistik Pelajar. Pelatihan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari kartini, bertempat di Aula sekolah yang beralamat  Jl. Grogol Raya No. 3, Kec. Limo, Depok.

Sania, salah satu peserta pelatihan mengatakan, “Pelatihan jurnalistik pelajar SMK Ghama Caraka sangat menarik, apalagi untuk orang-orang yang ingin tahu tentang dunia jurnalistik. Pelatihan ini sangat bagus untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Jurnalistik.”

Dengan pelatihan ini, Bapak M. Kasih selaku kepala sekolah, dalam sambutannya mengharapkan agar siswa-siswi SMK Ghama Caraka dan SMK lainnya untuk lebih bertambah lagi kompetensinya dalam kemampuan menulis. Sebagai salah satu sekolah Broadcast di Kota Depok, tentu pemahaman tentang jurnalistik ini akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keandalan dan profesionalisme. Beliau menguatkan bahwa salah satu basis kekuatan kompetensi mereka bukan hanya dari guru-guru produktif di sekolah. Melainkan juga harus didapat dari praktisi di media.

Ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada Tim Debar yang telah bersedia menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Beliau berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan sesering mungkin dengan materi pelatihan yang lebih beragam.

Bapak Adie Rakasiwi, Pimpinan Redaksi Debar menekankan, bahwa pelatihan jurnalistik bertujuan untuk mencetak jurnalis pelajar yang berkarakter. Karakter yang paling utama adalah memiliki sikap hati-hati dalam menerima berita hoax yang sering ramai di media sosial. “Dengan langsung belajar dari ahlinya, diharapkan ilmu jurnalistik ini dapat direalisasikan di lingkungan mereka masing-masing.” jelas Bapak Adie.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta dipersilakan untuk segera mempraktikkan ilmunya. Mereka segera melakukan persiapan dan menulis berita.

Pada akhir acara, diumumkan 10 peserta dengan tulisan terbaik. Mereka adalah Siti Zhillan Zhalillaa, Farah Ananda Hidayat, M. Yudhi Permana, Adena Ababil, Devi Masha El, Sarah Andine Raissa, Sania Nur Pratiwi dari SMK Ghama Caraka. Suci Indah Permata dan Nur Fadillah dari SMK Nasional, dan Achmad Aldo Sari dari SMK Ekonomika.

Tim Debar menetapkan sepuluh peserta terbaik ini untuk menjadi Tim Jurnalis khusus Pelajar di Media Depok Pembaharuan. Diharapkan mereka nantinya dapat ikut berkontribusi dalam upaya menyajikan berita-berita yang berkualitas dan terpercaya. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi peserta lain agar dapat ikut berkontribusi. (KS/gds2020)