Organ Reproduksi pada Perempuan

Bagaimana organ reproduksi pada perempuan? Apakah sama dengan organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki? untuk menjawabnya, ayo kita selesaikan Aktivitas 1.2 berikut!

Baca juga Spermatogenesis

Gambar 1.6 Organ-Organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Perempuan

Ayo, Kita Lakukan

Coba perhatikan dan pahami keterangan organ-organ penyusun sistem reproduksi perempuan yang terdapat pada Tabel 1.2! Kemudian perhatikan Gambar 1.6 tentang struktur organ dan lengkapilah nama organ-organ tersebut sesuai dengan keterangan yang terdapat pada Tabel 1.2!

Tabel 1.2 Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Perempuan

No Nama Organ Keterangan Struktur
a Ovarium Struktur berbentuk seperti telur, berjumlah dua buah, terletak di samping kanan dan kiri rahim (uterus) dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum).
b Saluran telur (Tuba fallopi/ Oviduk) Saluran dengan panjang ±10 cm yang menghubungkan ovarium dengan rahim (uterus).
c Infundibulum Struktur berjumbai dan merupakan pangkal dari tuba fallopi.
d Rahim (uterus) Struktur seperti buah pir yang berfungsi sebagai tempat berkembangnya janin selama kehamilan.
e Endometrium Lapisan yang membatasi rongga rahim dan meluruh saat menstruasi.
f Vagina Saluran yang menghubungkan lingkungan luar dengan rahim, saluran mengalirnya darah menstruasi, dan saluran keluarnya bayi.
g Servik Struktur rahim bagian bawah yang menyempit dan membuka ke arah vagina.

Setelah menyelesaikan Aktivitas 1.2 tentunya kamu sudah memahami organ-organ tersebut. Lalu apa saja fungsi dari masing-masing organ tersebut? Ayo, kita simak dengan seksama paparan berikut ini!

Alat reproduksi atau alat kelamin perempuan juga dapat dibedakan menjadi alat kelamin luar dan alat kelamin dalam. Untuk pembahasan yang lebih mendetail sebagian lagi akan diuraikan pada halaman berikutnya.

a. Alat Kelamin Luar

Alat kelamin perempuan yang terletak di luar yaitu vulva, labium, dan saluran kelamin. Vulva yaitu suatu celah paling luar dari alat kelamin wanita yang dibatasi oleh sepasang bibir (kanan dan kiri). Kedua bibir ini disebut dengan labium. Kedalam vulva bermuara dua saluran, yaitu saluran urine dan saluran kelamin (vagina).

Baca juga Uterus atau rahim