Mobilitas Sosial Masyarakat Indonesia

Mobilitas Sosial Masyarakat Indonesia, pengertian Mobilitas Mobilitas sosial menurut para ahli:

  • Paul B. Horton: mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.
  • Kimball Young dan Raymond W. Mack: mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial mencakup sifat hubungan antar individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dan kelompoknya.
  • Anthony Giddens: mobilitas sosial menunjuk pada gerakan dari orang per orang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan-kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.
  • Horton & Hunt: mobilitas sosial merupakan tindakan berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Baca juga Pengaruh interakaksi Sosial

Simaklah terlebih dahulu kisah singkat berikut ini

Kesuksesan Mas’oed. Sebagai seorang anak petani miskin, Mas’oed berusaha untuk memperbaiki taraf kehidupan keluarganya. Orangtuanya hanya mampu menyekolahkan dia sampai tingkat SMP.

Walaupun demikian, Mas’oed tetap bercita-cita melanjutkan sekoleh ke jenjang yang lebih tinggi. Pada tahun 1980, pergilah Mas’oed ke kota, bersama temannya. Di kota mereka berjualan koran di waktu pagi dan berangkat sekolah pada waktu siang.

Dari hasil penjualan koran, Mas’oed membiayai sekolahnya, bahkan sampai kuliah di perguruan tinggi. Kuliah di perguruan tinggi membuat Mas’oed semakin memiliki pengetahuan luas tentang usaha bisnis.

Mas’oed tidak lagi berjualan koran di pinggir lampu merah. Dia membuka kios koran dan majalah. Usaha as’oed terus mengalami kemajuan, hingga berkembang menjadi toko buku yang laris.

Kini, Mas’oed memiliki 4 cabang toko buku yang memperkerjakan lebih dari 200 pekerja. Mas’oed yang masa lalunya anak petani miskin, kini telah menjadi pengusaha terpandang di kotanya. Keberhasilan Mas’oed tidak lepas dari usahanya yang gigih.

Mobilitas Sosial Masyarakat Indonesia, cerita keberhasilan Mas’oed di atas. Apabila kondisi ekonomi keluargamu sama dengan Mas’oed, mudah-mudahan kisah Mas’oed dapat menginspirasi. Seandainya kalian saat ini lebih baik kondisinya dibandingkan saat Mas’oed di SMP, kalian tentu harus jauh lebih sukses dari Mas’oed. Kisah keberhasilan Mas’oed pada teks di atas merupakan salah satu contoh mobilitas sosial.

Wikipedia Mobilitas Sosial 

Tugas Individu

  1. Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti materi yang kalian pelajari!
  2. Tuliskan secara singkat proses mobilitas sosial yang terjadi pada orang tersebut!
  3. faktor-faktor apa yang menyebabkan mereka mengalami mobilitas sosial!
  4. Tuliskan hasil identifkasimu pada kertas folio bergaris.

Baca juga 2. Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial