Mengenal Wilayah dan budaya di Mesir

Mengenal Wilayah Mesir, cuaca ekstrim kadang terjadi di Mesir, baik ekstrim dingin maupun panas. Pada tanggal 27 Mei 2015 terjadi cuaca ekstrim panas  di  Mesir  dengan  suhu  mencapai 450 C. Suhu tinggi tersebut terjadi karena adanya gurun dan   angin barat dari gurun barat. Angin tersebut juga disertai dengan debu. Walaupun umumnya panas, cuaca di Mesir juga bisa sangat dingin seperti yang terjadi tahun 2013, dilaporkan terjadi hujan salju di Kairo, Mesir. Hujan salju tersebut merupakan yang pertama dalam 100 tahun terakhir.

Mengenal wilayah Mesir juga merupakan Negara pertama di dunia yang mengakui Kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat Daya) sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.

Wikipedia Mesir

Baca juga 4. Mengenal Budaya dan Alam Australia

Mengapa disebut Laut Merah? Collin Humpreys, seorang ahli fisika dari Universitas Cambridge, melakukan penelitian tentang penamaan Laut Merah. Hasilnya penamaan Laut Merah (Red Sea) terjadi karena kesalahan pengucapan. Pada salah satu pantai di Laut Merah  ditemukan alang-alang berwarna merah yang dalam Bahasa Inggris alang-alang disebut reed. Namun, penduduk setempat mengucapkannya “red”. Karena tumbuh di laut maka disebut red sea. Jadi Laut Merah tidak berarti laut yang airnya berwarna merah karena faktanya air lautnya tampak biru seperti air di lautan lainnya.

Peta Wilayah Mesir

 

Aktivitas Kelompok

  1. Keadaan alam Mesir sebagian besar berupa gurun, sehingga tidak mendukung aktivitas pertanian. Namun, Mesir merupakan salah satu negara yang diperhitungkan di kawasan Afrika Utara. Lakukan analisis faktor- faktor yang mendukung Mesir menjadi negara besar di wilayah tersebut!
  2. Perhatikanlah keadaan alam Mesir dan sebaran penduduk serta kota-kota di Mesir. Lakukan analisis keterkaitan antara keadaan alam dan sebaran penduduk serta kota-kota di Mesir!
  3. Buatlah suatu  tulisan  tentang  Terusan  Suez  dilihat  dari  sejarah  dan keuntungannya bagi Mesir.
  4. Sampaikanlah hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Baca juga A. Letak dan Luas Benua di Dunia

UJI KOMPETENSI

 

Sumber pembelajaran;

  • bse/kemdikbud
  • wikipedia Indonesia
  • internet