mengenal inggris dan australia

Mengenal Inggris dan Australia, Inggris seringkali disebut dengan nama lain seperti Britania Raya, United Kingdom, dan England. Apakah ada perbedaan diantara ketiganya? Britania Raya atau disebut juga Great Britain merupakan gabungan beberapa negara yaitu Inggris/England, Skotlandia dan Wales. United Kingdom (Persatuan Kerajaan) merupakan gabungan dari tiga negara Britania Raya ditambah dengan Irlandia Utara. England merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya.

 Sumber: eropapanduanwisata.id

Baca juga 2. Mengenal Negara Adi Kuasa Amerika Serikat

Skotlandia merupakan salah satu negara bagian dari Inggris. Pada tanggal 18 September  2014, Skotlandia pernah melaksanakan referendum untuk memutuskan apakah tetap menjadi bagian dari Inggris atau menjadi negara sendiri. Hasilnya menunjukkan sebagian besar penduduk Skotlandia masih ingin menjadi bagian dari Inggris. Sumber: https://www.gov.uk

Baca Wikipedia Inggris

4. Mengenal budaya dan Alam Australia

Mengenal Inggris dan Australia, Lokasi Australia dapat kalian lihat pada pembahasan tentang Benua Australia. Australia memiliki banyak spesies binatang khas. Salah satunya adalah   kangguru   yang   menjadi salah satu ikon Australia. Mengapa binatang tersebut banyak ditemukan di Australia? Kangguru merupakan salah   satu   binatang   berkantung yang   mampu beradaptasi dengan iklim kering. Metabolisme yang lebih rendah dan persyaratan atau tuntutan sistem reproduksi lebih rendah diyakini menjadi penyebab tingginya adaptasi dan sebaran binatang tersebut di Australia.

Baca Wikipedia Australia

Uluru merupakan salah satu objek unik berupa batu besar yang menjadi salah satu ikon Australia. Bagi suku Aborigin, Ulur merupakan tempat keramat.   Lukisan   Suku   Aborigin dapat  dijumpai  pada  gua  di  Uluru yang menceritakan bagaimana dunia terbentuk.

Sumber: http://uluru-australia.com

 

Aktivitas Kelompok

  1. Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada table!
  2. Kondisi alam Australia membawa pengaruh terhadap komoditas yang dihasilkannya. Deskripsikanlah hubungan antara keadaan alam Australia dan komoditas yang dihasilkannya!
  3. Kondisi alam Australia juga mempengaruhi distribusi penduduk Australia. Deskripsikanlah hubungan antara kondisi alam Australia dengan  sebaran penduduknya!

Baca juga 5. Mengenal Wilayah dan budaya di Mesir

Sumber pembelajaran;

  • Internet
  • Widipedia Indonesia
  • Buku IPS Kelas IX yang diterbitkan oleh BSE Kemdikbud Indonesia