Kemandirian seorang wirausaha

Kemandirian seorang wirausaha tidak suka bergantung kepada pihak lain. Dalam setiap usaha selalu memajukan keluarga dan tidak menunggu bantuan dari pihak lain. Keberhasilan seseorang tergantung pada manusianya sendiri.Jiwa wirausaha harus mampu mengenali dirinya sendiri

dan harus melengkapi diri dengan jiwa besar.Berikut ciri-ciri manusia wirausaha:

Mempunyai kepribadian yang kuat

Tanda manusia yang memiliki kepribadian yang kuat adalah manusia yang bermoral tinggi,yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Memiliki sikap mental seorang wiraswasta

Manusia yang bermental wiraswasta mempunyai kemauan keras untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya.Manusia wiraswasta juga memiliki keyakinan yang kuat atas kekuatan yang ada pada dirinya, serta memiliki kejujuran dan bertanggungjawab.

Memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan

Seorang wirausaha harus harus dapat mengenal lingkungannya sehingga mampu mendayagunakan secara efisien untuk kepentingan hidupnya.

Memiliki ketrampilan wiraswasta

Untuk dapat menjadi manusia wirausaha diperlukan beberapa keterampilan seperti keterampilan berfikir kreatif, ketrampilan dalam memimpin, keterampilan manajerial, dan keterampilan bergaul antar manusia.

Memiliki kemampuan untuk mencari informasi

Keberhasilan dalam berwirausaha salah satunya mau mencari informasi tentang beberapa hal yang menyebabkan berhasilnya suatu usaha.

Renungkan

Untuk mensyukuri setiap nikmat yang Tuhan ciptakan untuk mahkluknya alangkah indahnya apabila kita selalu menggali kemampuan diri agar memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal. Usaha yang pantas kita lakukan misalnya meningkatkan keterampilan yang kita miliki. Bertanggungjawab dan disiplin terhadap kemajuan diri. Kesuksesan diri tergantung dari kemauan untuk melakukan perubahan. Kalian sebagai siswa dapat meningkatkan kemandirian dalam belajar.Dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

 

Aktivitas Individu

Buat sebuah hasil karya kreatifitas dengan menggunakan bahan yang ada di sekitarmu! Kesulitan-kesulitan apa saja yang kamu alami untuk hasil karya itu? Tentukan harga jualnya apabila karya tersebut dipasarkan! Persentasikan hasil karya tersebut di hadapan temanteman kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.