Kegiatan Konsumsi

Kegiatan Konsumsi, manusia setiap hari melakukan kegiatan konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Kegiatan yang dilakukan manusia tergantung dari tujuan masing-masing individu. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan oleh karena kebutuhan manusia semakin bertambah dengan dihadapkan pada alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas. Kegiatan pokok ekonomi produksi dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen. Konsumen sebagai pemakai barang hasil produksi. Dari ketiga pelaku kegiatan ekonomi yaitu: produsen, distributor, dan konsumen saling ketergantungan satu sama lain. Tidak mungkin hanya produsen saja tanpa ada konsumen. Begitu juga konsumen tidak akan memperoleh barang yang dibutuhkan tanpa ada distributor.

Apa yang dimaksud dengan konsumsi? Untuk menjawab ini coba kalian isi daftar kebutuhan akan barang siswa di bawah ini !

No. Pelaku Barang-barang kebutuhan
1 Anak-anak …………………………………………………………………………………………………
2 Remaja …………………………………………………………………………………………………
3 Dewasa …………………………………………………………………………………………………

 

Dari jawaban kalian yang ada dalam daftar di atas maka kita dapat mengambil kesimpulan ternyata barang yang dibutuhkan manusia sesuai dengan tingkatan usianya berbeda-beda.Kebutuhan dalam dalam satu keluarga juga berbeda–beda sesuai dengan keinginan masing-masing. Barang yang digunakan anggota masing-masing keluarga tidak akan sama.

Bagaimana dengan kegiatan konsumsi kalian?

Masing-masing siswa mempergunakan barang disesuaikan dengan keinginan siswa sendiri. Siswa di sekolah menggunakan buku, pensil, pulpen, tas, sepatu, seragam dan lain-lain, maka ini semua disebut konsumsi. Jadi pengertian konsumsi adalah setiap kegiatan memakai,menggunakan atau menghabiskan kegunaan setiap barang baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis. Barang yang digunakan secara berangsur-angsur contohnya antara lain, buku pelajaran, tas, baju seragam, sepeda, mobil, Barang lain yang digunakan langsung habis contohnya, makanan dan minuman.

Setiap manusia menggunakan barang tentu saja ada tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan demi menjaga kelangsungan hidupnya. Sejalan dengan kemajuan peradaban hidup manusia maka kebutuhan manusia semakin hari semakin bertambah banyak dan beraneka ragam. Untuk itu manusia selalu bekerja untuk mendapat penghasilan.Semakin besar penghasilannya makan semakin besar pula pengeluarannya.Siapa saja yang melakukan kegiatan konsumsi? Di dalam ilmu ekonomi pelaku konsumsi dapat dikelompokkan antara lain: rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan dan rumah tangga negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.