Jadikan Rumah Tempat Belajar yang Efektif Dikala Pandemi Covid-19

Kegaitan Belajar Mengajar tidak lagi bisa dilaksanakan di sekolah jadikan rumah tempat belajar yang Efektif dikala pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum beakhir. Kegiatan belajar untuk anak-anak usia sekolah, tetap harus dilaksanakan.

Banyak cara yang digunakan sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan belajar dari rumah ada yang menggunakan fasilitas Vidio Konfrensi ada juga yang menggunakan fasilitas e-learning sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan sarana yang ada di guru dan sekolah.

Jadikan rumah tempat belajar yang efektif dikala pandemi Covid-19, rumah yang semestinya dijadikan tempat untuk istirahat keluarga sekarang merangkap jadi tempat belajar anak-anak. Kegiatan belajar di rumah jadi tantangan tersendiri untuk memacu anak-anak mau belajar apalagi belajar bukan di jam yang  biasanya dilakukan di rumah tetapi kegiatan belajar yang harus menyesuaikan dengan jadwal kegiatan belajar di sekolah.

Untuk belajar di rumah tidak perlu ruang khusus setiap ruangan bisa dijadikan tempat untuk belajar. Yang penting anak nyaman untuk melakukan aktivitas belajar dan tidak terganggu aktivitasnya oleh orang lain.

Kegaitan belajar di rumah di tidak hanya mengerjakan PR harian saja, dengan situasi pandemik covid-19 semua aktivitas disekolah dilaksanakan dirumah. Mulai dari menghapal materi pelajaran sampai ulangan akan dikerjakan di rumah.

Usahakan tempat untuk belajar anak tidak berdekatan dengan tv yang menyala atau untuk sementara anak sedang belajar tv dimatikan supaya pokus melakukan aktivitas belajar, tempat yang kurang pas lainnya untuk anak di tempat tidur di atas kasur ini juga akan menggoda anak belajar sambil tiduran.

Psikolog anak memberikan 5 tip untuk anak efektif belajar dari rumah

berikut cara orang tua membimbing anak belajar di rumah sehingga orang tua pun bisa pokus mengerjakan yang lainnya.

  1. Pilih ruangan bersama anak untuk diputuskan bersama, hindari ruangan yang tvnya menyala dan jangan belajar diatas kasur. Bantu anak untuk menata tempat belajar dan persiapkan semua kebutuhan belajar.
  2. Tetapkan waktu belajar atau menyesuikan jadwal dari sekolah. Waktu belajar ini tergantung dari usia anak yang akan belajar. Waktu belajar anak di rumah usahan durasinya tidak terlalu panjang. Contohnya hanya di kasih waktu maksimal 60 menit.
  3. Manfaatkan alarm untuk mengigatkan waktu belajar, dengan pengigat alarm menuntut anak berkomitmen dan disiplin dengan waktu belajar, tidak perlu lagi di kasih tau.
  4. Hindari distraksi batasi penggunaan TV, Smartphone, tab saat anak sudah mulai belajar. Dinisi orang tua akan menjadi role model apabila anaknya mau fokus belajar.
  5. Orang tua harus jadi peran pengganti Guru untuk anak-anaknya yang akan belajar. Contohnya dalam ulangan orang tua harus komando bagaimana mengarjakan soal-soal dan terakhir hargai usaha-usaha anak supaya selalu bersemangat.

Baca juga Belajarnya dirumah aja biar kami yang disekolah.id