DEPOK-Ghama Ar Rasyid menyelenggarakan Seminar Motivasi bertajuk “Public Speech and English Improving Motivation” dengan penuh semangat pada tanggal 15 Mei 2018. Acara ini berjalan lancar dan telah memberikan inspirasi bagi para peserta.

Bapak Muhammad Haikal, selaku pembina menjelaskan bahwa acara ini dilaksanakan oleh Sigar, yaitu seluruh Siswa-siswi SMA Islam Ghama Ar Rasyid dengan berbekal semangat dalam rangka menumbuhkan karakter Leader. Salah satu karakter kepemimpinan yang ingin dikembangkan melalui acara ini adalah keberanian dalam menyampaikan ide dan gagasan di muka umum.

Beliau menambahkan bahwa hal-hal yang menjadi konten dari seminar adalah seputar basic dari keterampilan dan teknik berbicara. Dengan seminar ini diharapkan mampu memotivasi para siswa dan melatih kemampuan mereka dalam berkomunikasi lisan.

Untuk mencapai harapan tersebut, Sigar yang diketuai Farah Adis Triani ini bekerjasama dengan EPO (Easy Partner Organizer) sebagai pengisi konten acara. Panitia ini juga mengundang siswa-siswi dari Unit GDS yang lain. Mereka mengundang siswa dari SMP gelora, SMK Nasional, dan SMK Ghama Caraka.

Gavino, sebagai salah satu peserta mengaku sangat senang mengikuti seminar ini, “Seminar ini sangat inspiratif dan sangat membantu saya serta peserta lain untuk menjadi public speaker yg hebat.” Begitupun Revy yang juga mengatakan kalau acara seminar motivasi ini sangat seru. Adis juga menambahkan bahwa kegiatan ini menambah kekompakan siswa-siswi Ghama Ar Rasyid dan menambah pengalaman.

 

Pada sesi pertama, Pembicara dari Tim EPO menyajikan materi tengang 3V yang menjadi pengaruh bagi kesuksesan dalam public speaking dan 13 kompetensi yang dimiliki seorang pembicara hebat. 3V itu adalah Vocal 35%, Verbal 10%, dan Visual 55%. Vocal adalah kualitas suara, verbal adalah kemampuan kita dalam berkata-kata, dan visual adalah tampilan, mimik wajah, gerakan tubuh, dan sikap kita saat menjadi pembicara. Sedangkan 13 kompetensi yang dimaksud adalah seperti membangun kepercayaan diri, menyusun materi, profesional, membuka dengan menarik, dan membangun hubungan baik, serta menyusun struktur alur pembicaraan yang tepat.

Pada sesi dua juga disajikan tentang dasar-dasar dalam bahasa Inggris dan pentingnya kemampuan berbahasa dalam rangka menghindari kesalahan dalam berucap dan kesalahan dalam memahami ucapan orang lain. Seluruh kegiatan itu disajikan dengan penuh semangat oleh para pembicara.

Di penghujung acara, Sigar selaku panitia membagikan doorprize dan Sertifikat kepada peserta Seminar. Kemudian acara ini ditutup dengan do’a agar semua ilmu yang telah disajikan ini dapat dipraktikan ke depannya.

(didedikasikan untuk: Farah Adis, Farah Erlinda, Adisti Puri, Bunga Vania, Rara N., Revy Berliani, Evilia, Reva Zefanya, Erdezca, Hafidz, Khalaf, dan Julian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *