SERI INSPIRASI PENDIDIKAN

8 Oktober 2017
(Kesatria Sughani, Wk. Kurikulum SMK ghama Caraka Tp. 2017-2018)

Stephen R. Covey dalam bukunya The7 Habits of Highly Effextive People menyebutkan bahwa kebiasaan untuk MANDIRI (kerja personal) adalah tahap yang lebih awal harus dikembangkan dibanding KESALINGTERGANTUNGAN (kerja kelompok).

Dalam artian, bahwa kebiasaan untuk mampu melakukan sesuatu secara personal (bukan kerja kelompok) adalah kebiasaan yg lebih utama harus kita kembangkan kepada anak didik kita sebelum mereka dipercaya bekerja dalam kelompok.

Problem pendidikan kita selama ini adalah terlalu tergesa-gesa untuk mengarahkan anak didiknya mengerjakan tugas dengan berkelompok, sementara keterampilan mandiri belum dibangun. Hasilnya adalah, dalam kelompok, sebagian anggota saling mengandalkan temannya. Atau sering kita lihat hanya orang-orang tertentu saja yang mengerjakan, sedangkan yang lainnya menumpang nama untuk dapat nilai. Itu karena hakikatnya, belum ada kebiasaan mandiri dalam mengerjakan tugas. Problem ini sudah menjadi problem hampir seluruh dunia pendidikan di negara kita.

Jadi, kegiatan belajar melalui metode kerja kelompok yg digalakkan oleh KURTILAS pada hakikatnya patut dipahami sebagai tahap yang hanya bisa dilewati setelah secara individu, setiap siswa memiliki kompetensi untuk menyelesaikan masalah atau menghasilkan sesuatu secara mandiri.

semoga pemikiran Covey ini bisa memberi pengaruh kepada proses belajar mengajar di sekolah kita.

#salaminspirasipendidikan💪🏼

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.