Depok—Seluruh siswa-siswi SMK Broadcast Ghama Caraka bersama SMA Islam Ghama Ar Rasyid mengikuti kegiatan peringatan Hari Kartini pada 23 April 2018. Kegiatan ini tidak dilaksanakan pada tanggal 21 karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan kegiatan pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan bekerjasama dengan Media Cetak dan online Debar. Namun demikian, Acara ini berjalan meriah.

Peringatan Hari Kartini bertema, “Emansipasi Wanita Indonesia” ini diisi dengan lomba antar-siswa. Di antaranya, lomba Menghias Tumpeng, Puisi, Debat tentang emansipasi wanita, dan Perform kelas. Setelah itu dilanjutkan dengan nobar film Kartini karya Hanung Bramantyo.

Ibu Hamiah selaku Pembina OSIS dalam sambutannya menyampaikan pesan agar para siswa dapat mengambil pelajaran dari kegiatan ini. Nilai-nilai yang diharapkan tumbuh adalah nilai kerjasama, kemandirian, dan penghargaan kepada sesama.

Dalam Sambutannya, Wakil Kepala Sekolah, Bapak Kesatria memberikan sambutannya dengan menyinggung sejarah singkat Ibu Kartini. Beliau menyampaikan bahwa buku Habis Gelap Terbitlah Terang adalah kumpulan surat menyurat antara RA. Kartini dengan Sahabatnya. Buku tersebut memberikan pengaruh besar pada gerakan emansipasi wanita di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya. Bukan untuk sama dengan laki-laki, melainkan untuk berperan sebagai wanita seharusnya.

Selain itu, juga diterangkan bahwa Guru dari RA Kartini ini adalah KH. Shaleh Darat yang merupakan guru dari KH. Hasyim Asyari dan KH. Ahmad Dahlan. KH. Hasyim Asyari dengan NU-nya, KH. Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyahnya, dan RA. Kartini dengan Peranan Wanitanya.

“Salah satu pengalaman Tokoh emansipasi wanita ini adalah ketika mengalami kesulitan dalam memahami kitab suci yang menggunakan bahasa Arab. Setelah Beliau memahami isinya melalui upaya yang tidak mudah, maka muncullah perkataan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Begitulah sebagian versi sejarah menyebutkan.” terang Kesatria.

Dengan peringatan ini, diharapkan seluruh siswa dan siswi Ghama Caraka dan SMA Islam Ghama dapat meneladani Tokoh wanita yang diakui sebagai pahlawan di Indonesia maupun di Belanda ini. Khususnya, meneladani dalam hal semangat menuntut ilmu dan sikap gigih menyelesaikan masalah kehidupan.

Farah, salah seorang siswi yang mengikuti kegiatan ini memberikan tanggapan, “Seru banget. Acara kartini gini khan seru. Bagi kita yang niat untuk meramaikan, tentu ini sangat mengesankan.”

Kepala Sekolah, Bapak Kasih Kurniawan mengucapkan selamat hari Kartini kepada seluruh hadirin melalui pesannya. “Semoga kalian, khususnya yang perempuan, mampu mengoptimalkan potensi diri tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan.” tutup Beliau. (KS/GDS2020)