Faktor pendorong ekspor

Berikut ini beberapa faktor pendorong ekspor baik dari dalam ataupun luar negeri.

1. Keadaan Pasar Luar Negeri

Besar atau kecilnya permintaan dan penawaran dari berbagai negara dapat mempengaruhi harga di pasar dunia. Apabila permintaan di pasar dunia lebih banyak dari pada penawaran, maka harga cenderung naik.

Baca juga c. Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor

Sebaliknya, apabila penawaran lebih banyak dari permintaan, maka harga cenderung turun. Keadaan ini akan memengaruhi para eksportir untuk meningkatkan atau menurunkan ekspornya.

2. Keuletan Eksportir untuk Menangkap Peluang Pasar

Seorang eksportir harus pandai menangkap dan memanfaatkan peluang pasar. Dengan kepandaian tersebut, mereka dapat memperoleh wilayah pemasaran yang luas. Oleh karena itu, para eksportir harus ahli di bidang strategi pemasaran.

3. Kondisi Sosial, Ekonomi, Politik Suatu Negara

faktor pendorong ekspor, bidang ekonomi, sosial, dan politik merupakan bidang yang terkait satu sama lain. Ketika ada ketidakstabilan pada salah satu bidang, maka bidang lain akan terpengaruh. Contohnya: negara tujuan ekspor sedang mengalami kerusuhan politik berupa perang antar suku. Hal tersebut tentu sangat memengaruhi keberlangsungan proses ekspor ke negara tersebut.

Renungkan

Pernahkan kalian  mendengar berita konfik atau kerusuhan antarsuku di negara kita? Apakah menurutmu hal itu merupakan sikap bijaksana sebagai warga negara yang berpikiran maju? Tentu saja bukan.

Indonesia terdiri dari berbagai ragam suku budaya yang memperkaya bangsa, bukan untuk dipertengkarkan.

Kerusuhan yang terjadi di suatu negara akan negara lain enggan melakukan perdagangan. Hal ini akan dapat menurunkan ekspor dari negara yang mengalami kerusuhan. Oleh karena itu, perbedaan harus kita sikapi dengan positif.

Hal inilah yang justru membuat negara kita istimewa. Kesadaran akan Bhinneka Tunggal Ika harus benar-benar tertanam kuat pada jiwa setiap warga negara.

Apakah kalian sudah memahami dan mengamalkan nilai dari Bhinneka Tunggal Ika? Berbeda-beda akan tetapi satu jua atau satu tujuan.

Setelah membaca dan memahami materi tentang perdagangan antarnegara, apakah menurutmu perdagangan antarnegara mendatangkan manfaat? Tentu saja jawabnya iya. Apakah manfaat dari perdagangan antarnegara?