Administrasi perkantoran merupakan segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap perkerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. sebagai suatu fungsi administrasi perkantoran berkaitan dengan manajemen dan pengarahan dari semua tahap operasi perusahaan, yaitu proses pengolahaan data, komunikasi, dan memori organisasi. Dalam berbagai sumber-sumber bacaan berbahasa Inggris yang terbit di Amerika Serikat maupun Inggris Raya istilah Office Administration (Administrasi perkantoran) dan Office Management (Manajemen perkantoran) dipakai silih berganti dengan arti yang sama. Berikut ini beberapa pengertian Office Administration (Administrasi perkantoran) atau Office Management (Manajemen perkantoran) yang dikemukakan oleh beberapa ahli, yaitu sebagai berikut:

  1. William Spriegel dan Ernest Davies Dalam buku “ Principles of Business Organization and Operation”, manajemen kantor adalah pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti tranportasi, manufakturing, pergudangan, dan penjualan.
  2. George R. Terry Dalam buku “ Office Management and Control”, manajemen kantor adalah perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengawasan pekerjaan kantor dan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan.
  3. Arthur Granger Dalam buku “ National Office Management Associatio Report”, manajemen kantor adalah fungsi dari tata penyelenggaraan pelayanan komunikasi dan perekam dari suatu organisasi
  4. William Leffingwell dan Edwin Robinson Dalam buku “ Textbook of Office Management”, manajemen kantor sebagai suatu fungsi, yang merupakan cabang dari seni dan ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor secara efisien, kapanpun dan dimanapun pekerjaan itu dilakukan.
  5. H Evans Dalam buku “ Administrasi Perkantoran Modern”, administrasi perkantoran sebagai fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan, yaitu proses pengolahan data, komunikasi dan memori organisasi.

Dalam arti sempit, administrasi perkantoran adalah semua kegiatan yang bersifat teknis ketatausahaa dari suatu perkantoran yang mempunyai peranan pentingdalam pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan operatif, penyediaan keterangan bagi pimpinan dan juga membantu dalam kelancaran perkembangan organisasi.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi perkantoran atau manajemen perkantoran merupakan rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk), mengawasi, dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai menyelenggarakan secara tertib suatu pekerjaan perkantoran atau pekerjaan ketatausahaan.