Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia

Pengertian kolonialisme dan imperialisme

Kolonialisme adalah perluasan wilayah dengan  membentuk negara-negara koloni di seberang lautan dan tunduk pada negara induk, sedangkan imperialisme adalah perluasan wilayah sampai diluar batas wilayah negara aslinya. Contoh kekuasaan kolonial Inggris di India, Malaysia, Singapura, Kolonialisme Perancis di Indo Cina kolonialisme Belanda di Indonesia, dan contoh imperialisme: Jepang di Indo Cina, Myanmar, Philipina ,dan Indonesia, Jerman menguasai Eropa, Italia menguasai daerah sekitar laut Tengah.

Latar belakang kedatangan bangsa Barat
  1. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki tahun 1453
  2. Ingin membuktikan bahwa bumi itu bulat
  3. Kemajuan pengetahuan dan teknologi seperti kapal, kompas dan meriam
  4. Hasrat untuk menjelajahi dunia
  5. Melanjutkan perang salib
  6. Tulisan Marcopolo dalam bukunya Book of Various experiences( keajaiban dunia) yang berisi kisah perjalanan Marcopolo yang menceritakan bahwa daerah Asia alamnya sangat indah , subur dan memiliki banyak kekayaan alam.
  7. Buku tulisan Tom Pires (Suma Orriental) yang mengatakan bahwa Asia tanahnya sangat subur dan iklimnya baik
  8. Mencari rempah-rempah sebagai penghangat badan
  9. Mewujudkan 3 G yaitu Gold (mencari emas/kekayaan), Glory (mencari kemuliaan/kejayaan) dan Gospel (penyebaran agama Kristen).

Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia, mendorong bangsa Barat berlomba melakukan penjelajahan samudra dan berusaha mencari daerah  Asia (Hindia Timur) guna mendapatkan rempah-rempah, Walaupun mereka saling berebut wilayah. Mereka tak segan segan memaksa penduduk pribumi untuk menjual hasil pertanian, tambang, hasil hutan hanya kepada bangsa Barat yang paling pertama karena mereka merasa menguasai daerah tersebut. Daerah-daerah yang mereka perebutkan adalah kawasan Afrika,  Asia dan Amerika.

Penjelajahan Samudra

Negara pelopor penjelajahan samodra adalah Portugis dan Spanyol karena saat itu keduanyamerupakan negara adikuasa di Eropa. Sedangkan Inggris, Perancis, Belanda, Jerman dan Italia menyusul pada abad ke-17. Tokoh-tokohnya adalah,

  1. Portugis : Bartholomeus Diaz (Tanjung Harapan 1486), Vasco da Gama (Calicut India 1498), Alfonso D’albuquerque (Malaka 1511), Antonio D’Abreau dan Serao (Ternate-Maluku 1512), Carbal (Brasilia)
  2. Spanyol : Christophorus Colombus dan Amerigo Vespuci (Kep. Bahama dan mengelilingi Amerika utara), Pizarro (Peru),Hermando Cortez (Mexico 1519), Ferdinand Magelhaenz  (Kep. Massava 1486 /Philipina perjalanan dilanjutkan Kapten Sebastian Del Cano ke Tidore Maluku (1521) dan pulang lewat jalan Portugis. Dialah yang dapat membuktikan bahwa bumi itu bulat (LKS Cerah kelas VII)
  3. Inggris : Francis Drake (mengelilingi dunia 1577-1580), William Dampier (pantai barat Australia), James Cook (pantai timur Australia), Mattew Flinders (membuat peta Australia dan mengelilingi benua Australia)
  4. Belanda : Cornelis De Hautman (5 Juni 1596 di Sumatera dan 23 Juni di Banten), Abel Tasman (Tasmania, Fiji dan Selandia Baru).(Dini Susanti .IPS Sejarah Bilingual kelas 8 : 10)

Akibat penjelajahan samodra adalah daerah yang ditemukan menjadi tanah jajahan bangsa penemu, bangsa Asia mengenal tanaman baru yang dibawa bangsa Eropa seperti kopi, coklat, penduduk asli mengenal senjata api dan minuman keras (anggur), berkembangnya agamaKatholik dan Kristen Protestan, dan budaya Barat lain seperti cara berpakaian, alat musik,dll.

Baca juga B. Proses Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia

 

Sumber Info Pembelajaran :

  • Internet
  • Wikipedia (id.wikipedia.org)
  • brainly.co.id
  • bse.kemdikbud.go.id
  • bukusekolahdigital.com

sumber vidio youtube Unacademy – Indonesia